RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP) 2013
Satuan Pendidikan : MI Negeri Tirto Salam
Kelas / Semester : 1 /1
Tema : Diriku
(Tema 1)
Sub Tema : Tubuhku
(Sub
Tema )
Pembelajaran ke :
6
Alokasi waktu : 1 Hari
A. KOMPETENSI INTI
1.
Menerima dan
menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.
Memiliki perilaku
jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam
berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.
Memahami pengetahuan
faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya
berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
4.
Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam
karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam
tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI DASAR
PPKn
4.2
Melaksanakan tata tertib di rumah dan sekolah
PJOK
4.1. Mempraktikkan pola gerak dasar lokomotor yang dilandasi konsep gerak (seperti
konsep tubuh, ruang, hubungan, dan usaha) dalam berbagai bentuk permainan sederhana
dan atau tradisional
Bahasa Indonesia
3.1. Mengenal teks deskriptif tentang anggota tubuh dan panca indra, wujud
dan sifat benda, serta peristiwa siang dan malam dengan bantuan guru atau teman
dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa
daerah untuk membantu pemahaman
4.1. Mengamati dan menirukan teks deskriptif tentang anggota tubuh dan
pancaindra, wujud dan sifat benda, serta peristiwa siang dan malam secara
mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata
bahasa daerah untuk membantu penyajian
C. INDIKATOR
PPKn
Mengikuti
aturan dan tata tertib dalam mengikuti permainan di sekolah
PJOK
Melakukan
gerak lokomotor menggunakan kaki
Bahasa Indonesia
Menuntukkan
permainan yang menggunakan kaki
Menyebutkan kegunaan kaki
D. TUJUAN
Permainan Tapak Gunung (Permainan Menggunakan
Gerakan Kaki)
Tujuan pembelajaran:
Dengan bermain siswa dapat
menggerakkan kaki sesuai petunjuk permainan.
Mengamati Gambar dan Mendiskusikan Hasil Pengamatan Gambar
Tujuan pembelajaran:
1. Setelah mengamati
gambar, siswa dapat menunjukkan kegiatan yang menggunakan kaki.
2. Setelah
bertanya jawab siswa dapat menyebutkan kegunaan kaki.
E. MATERI
Permainan
Tapak Gunung (Permainan Menggunakan Gerakan Kaki)
Mengamati Gambar dan Mendiskusikan Hasil Pengamatan Gambar
F.
PENDEKATAN & METODE
Pendekatan : Scientific
Strategi : Cooperative Learning
Teknik : Example Non Example
Metode : Penugasan,
Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah
G. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Kegiatan
Pendahuluan
|
1. Mengajak
semua siswa berdo’a.
2. Guru
memberikan salam dan mengajak berdoa.
3. Melakukan komunikasi tentang
kehadiran siswa.
4. Mengajak berdinamika dengan tepuk kompak/dinamika
dan lagu yang relevan.
5. Guru
menyiapkan fisik dan psikhis anak dalam mengawali kegiatan pembelajaran
serta menyapa anak.
6. Menyampaikan
tujuan pembelajaran hari ini.
|
10
menit
|
Kegiatan
Inti
|
Permainan Tapak Gunung (Permainan Menggunakan Gerakan
Kaki)
1. Guru menyampaikan bahwa dalam permainanpun kita banyak
menggunakan kaki.
2. Guru bertanya permainan apa saja yang menggunakan kaki.
3. Guru menyampaikan salah satunya adalah permainan Tapak
Gunung.
4. Siswa diajak ke luar kelas untuk bermain Tapak Gunung.
5. Siswa diminta berbaris dengan rapi dan tertib.
6. Guru memandu siswa melakukan gerakan-gerakan di tempat
baik gerakan tangan, kaki, kepala, pinggul dan sebagainya untuk pemanasan.
7. Kemudian guru meminta siswa untuk berlari beberapa
putaran (guru menyesuaikan)
8. Guru meminta siswa membentuk kelompok (jumlah
disesuaikan dengan jumlah murid di sekolah).
9. Guru menggambar sarana bermain tapak gunung (engklek)
di atas area bermain.
10. Guru menjelaskan aturan permainan.
11. Masing-masing siswa diminta mencari gacoan (pecahan
genting, atau koin).
12. Kemudian siswa melakukan permainan tapak gunung
berkelompok.
13. Guru mengamati siswa selama bermain.
14. Setelah selesai guru mengajak siswa mendiskusikan
hal-hal yang dapat diambil sebagai pelajaran dari permainan tersebut.
Mengamati Gambar dan Mendiskusikan Hasil Pengamatan
Gambar
1. Guru menyampaikan setelah bermain menggunakan kaki,
anak-anak akan melihat lebih jauh kegiatan-kegiatan lain yang menggunakan kaki.
2. Siswa diminta mengamati gambar di buku siswa.
3. Guru mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan
dengan gambar yang sedang diamati dengan pertanyaan-pertanyaan terbuka yang
membuat siswa menggunakan kemampuan berpikir kritis misalnya guru menanyakan
apa yang dapat siswa amati dari gambar tersebut, apa hubungan gambar-gambar
tersebut dengan pelajaran yang sudah dipelajari sebelumnya.
4. Siswa diminta memberikan contoh-contoh kegiatan lain
yang berhubungan dengan kegunaan kaki.
5. Setelah diskusi siswa diminta mengerjakan lembar kerja
yang berhubungan dengan kegunaan kaki.
6. Sebagai penutup guru menanyakan kembali
kegiatan-kegiatan yang menggunakan kaki.
7. Guru menyampaikan kita harus bersyukur mempunyai kaki
yang banyak bermanfaat.
|
150
menit
|
|
||
Kegiatan
Penutup
|
1.
Siswa
melakukan perenungan tentang kegiatan pembelajaran hari ini.
2.
Siswa
menuliskan hal-hal yang telah mereka pelajari, kesulitan yang mereka alami,
serta hal lain apa yang ingin mereka pelajari lebih lanjut.
3.
Guru
mengajak siswa untuk mendiskusikan perenungan dengan mengajak siswa
membacakan jawaban mereka.
4.
Siswa diberikan kesempatan berbicara/bertanya dan
menambahkan informasi dari siswa lainnya.
5.
Guru menyampaikan pesan moral hari ini dengan
bijak.
Salam dan
do’a penutup.
Remedial:
1. Guru melakukan remedial jika masih ada siswa yang
belum mampu menyebutkan nama-nama anggota tubuh.
2. Guru memberikan remedial membaca.
3. Guru melakukan remedial bagi siswa yang masih belum
lancar membaca teks deskriptif yang sudah dipelajari.
4. Guru disarankan melakukan remedial untuk siswa yang
belum mampu menulis nama-nama anggota tubuh yang dipelajari.
|
15
menit
|
H. SUMBER DAN MEDIA
·
Diri anak,
Lingkungan keluarga, dan Lingkungan sekolah.
·
Buku Pedoman Guru
Tema 1 Kelas 1 dan Buku Siswa Tema 1 Kelas 1 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum
2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan, 2013).
·
Buku Pengembangan
Diri Anak.
Gambar
kegiatan sehari-hari yang menggunakankaki, Kapur tulis untuk menggambar sarana
bermain Tapak Gunung
- Prosedur
Penilaian
a. Penilain Proses
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak
dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir.
b. Penilaian Hasil
Belajar
Menggunakan instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tulis dan lisan
(terlampir).
- Instrumen
Penilaian
a. Penilaian Proses
1)
Penilaian Kinerja.
2)
Penilaian Produk.
b. Penilaian Hasil
Belajar
·
Pilihan ganda.
·
Isian singkat.
· Esai atau uraian.
Mengetahui Tirto, Juli 2016
Kepala
Madrasah Guru
Kelas
Abdul
Aziz, S.Sg Tri
Wahyuni Hidayati,S.Pd.I
Tidak ada komentar:
Posting Komentar