Minggu, 31 Juli 2016

RPP Kelas 1 Tema 1 ST 2 PB 5

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP) 2013

Satuan Pendidikan      :  MI Negeri Tirto Salam
Kelas / Semester          :  1 /1
                     Tema                       :  Diriku (Tema 1)
Sub Tema                :  Tubuhku (Sub Tema )
Pembelajaran ke       :  5
Alokasi waktu          :  1 Hari

A.    KOMPETENSI INTI
1.      Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.      Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.     KOMPETENSI DASAR
PPKn
     4.2. Melaksanakan tata tertib di rumah dan sekolah

PJOK
4.2. Mempraktikkan pola gerak dasar non-lokomotor yang dilandasi konsep gerak dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau permainan tradisional

SBdP
     4.7. Menyanyikan lagu anak-anak dan berlatih memahami isi lagu
4.2. Membuat karya seni rupa dengan memanfaatkan berbagai teknik cetak sederhana menggunakan bahan alam
     3.1. Mengenal cara dan hasil gambar ekspresi
     4.1. Menggambar ekspresi dengan mengolah garis, warna, dan bentuk berdasarkan hasil
pengamatan di lingkungan sekitar
     4.14. Membuat karya kreatif dengan mengolah bahan alam melalui kegiatan melipat, menggunting dan menempel bentuk pola dan alur sederhana

C.    INDIKATOR
PPKn
     Menunjukkan perilaku tertib dan teratur selama kegiatan

PJOK
     Mempraktikkan gerakan non lokomotor sesuai permainan sederhana

SBdP
     Menyanyikan lagu anak sesuai irama lagu
     Melakukan gerakan sesuai isi lagu
     Mencetak kedua telapak tangan dengan bahan adonan tepung sagu
     Menjiplak telapak tangan dengan pensil atau krayon
     Membuat karya dengan teknik mewarna, menggunting, dan menempel pola gambar

D.    TUJUAN
Bernyanyi sambil Bermain (Syair Lagu: Kalau Kau Senang Hati)
Tujuan pembelajaran:
1. Setelah kegiatan bernyanyi sambil bertepuk, siswa dapat menyanyikan lagu “Kalau Kau Suka Hati” sambil bergerak dengan benar.
2. Setelah mendengarkan penjelasan guru siswa dapat menunjukkan perilaku tertib dan teratur selama kegiatan.

     Menjiplak Telapak Tangan
     Tujuan pembelajaran:
     1. Setelah kegiatan menjiplak, siswa dapat mewarnai gambar dengan menggunakan 4 warna
     2. Setelah kegiatan menjiplak, siswa dapat menggunting dan menempel dengan rapi.

E.     MATERI
Bernyanyi sambil Bermain (Syair Lagu: Kalau Kau Senang Hati)
Menjiplak Telapak Tangan

F.     PENDEKATAN & METODE
      Pendekatan           : Scientific
Strategi                 : Cooperative Learning
Teknik                  : Example Non Example
Metode                 : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah

G.    KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Kegiatan
Pendahuluan
1.      Mengajak semua siswa berdo’a.
2.      Guru memberikan salam.
3.      Melakukan komunikasi  tentang kehadiran siswa.
4.      Mengajak berdinamika dengan tepuk kompak/dinamika dan lagu yang relevan.
5.      Guru menyiapkan fisik dan psikhis anak dalam mengawali kegiatan pembelajaran serta menyapa anak.
6.      Menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini.
    10
    menit
Kegiatan
Inti
Bernyanyi sambil Bermain (Syair Lagu: Kalau Kau Senang Hati)
1. Guru mengajak siswa keluar kelas.
2. Siswa diminta untuk membuat 2 kelompok lingkaran besar.
3. Siswa diminta menyanyikan lagu “Kalau Kau Senang Hati” bersama-sama sambil melatih gerak bertepuk mengikuti irama lagu.
4. Kata-kata ‘tepuk tangan lalu diganti dengan petik jari, tepuk paha, hentak kaki, bilang hore, dan lakukan semua.
5. Pada saat kata-kata “lakukan semua” siswa melakukan tepuk tangan, petik jari, tepuk paha, hentak kaki, dan hore secara berurutan.
6. Masing-masing kelompok diminta untuk menyanyi secara bergantian.
7. Kegiatan ditutup dengan guru meminta siswa mencari teman untuk bermain tepuk tangan bersilang secara berpasangan.
Gerakannya adalah sebagai berikut.
a. Masing-masing bertepuk, lalu bertepuk ke kedua tangan teman.
b. Telapak tangan kanan bertepuk dengan telapak tangan kanan teman.
c. Telapak tangan kiri bertepuk dengan telapak tangan kiri teman.
d. Masing-masing bertepuk, lalu menepuk kedua bahu, lutut, dan memegang ujung jari kaki.
8. Siswa mendengar penjelasan guru tentang kegiatan menjiplak telapak tangan.
9. Guru meletakkan 4 macam warna adonan bersamaan dengan 1 tempat air untuk membasahi tangan dan handuk kecil / lap untuk mengelap tangan.
10. Siswa dibagi menjadi 4 kelompok. Setiap kelompok mendapatkan 1 karton manila warna putih yang diletakkan pada tempat yang berbeda.
11. Setiap siswa dari kelompok diminta meletakkan telapak tangannya (dibasahi terlebih dahulu) sambil ditekan di atas adonan dengan warna yang berbeda dan mencetaknya di karton sehingga terdapat 4 warna cetakan telapak tangan siswa.
12. Setelah mencetak siswa mencuci tangannya dan mengelap.
13. Guru memberi nama pada tiap cetakan telapak tangan dan biarkan mongering (dapat dipajang di kelas).
Langkah-langkah kegiatan:
1. Guru menyampaikan bahwa siswa akan menjiplak telapak tangannya.
2. Guru memberi contoh cara menjiplak di papan tulis.
3. Siswa diminta menjiplak telapak tanganya.
4. Guru menjelaskan untuk mendapatkan hasil yang baik pada saat menjiplak telapak tangan ditekan yang kuat dan tidak bergerak.
5. Guru memberi contoh cara memegang gunting dan menggunting dengan benar.
6. Siswa diminta mewarnai, menggunting, dan menempel di karton yang telah disediakan guru
7. Sebagai penutup guru mengajak siswa mengulang lagu “Kepala Pundak”.
    150
    menit

Kegiatan
Penutup
1.      Siswa melakukan perenungan tentang kegiatan pembelajaran hari ini.
2.      Siswa menuliskan hal-hal yang telah mereka pelajari, kesulitan yang mereka alami, serta hal lain apa yang ingin mereka pelajari lebih lanjut.
3.      Guru mengajak siswa untuk mendiskusikan perenungan dengan mengajak siswa membacakan jawaban mereka.
4.      Siswa  diberikan kesempatan berbicara/bertanya dan menambahkan informasi dari siswa lainnya.
5.      Guru menyampaikan pesan moral hari ini dengan bijak.
Salam dan doa penutup.
    15
    menit

H.    SUMBER DAN  MEDIA
·         Diri anak, Lingkungan keluarga, dan Lingkungan sekolah.
·         Buku Pedoman Guru Tema 1 Kelas 1 dan Buku Siswa Tema 1 Kelas 1 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
·         Buku Pengembangan Diri Anak.
                Teks lagu “Kalau Kau Senang Hati”, Adonan tepung sagu dengan empat warna

I.       PENILAIAN
  1. Prosedur Penilaian
a.      Penilain Proses
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir.
b.      Penilaian Hasil Belajar
Menggunakan instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tulis dan lisan (terlampir).
  1. Instrumen Penilaian
a.      Penilaian Proses
1)   Penilaian Kinerja.
2)   Penilaian Produk.
b.      Penilaian Hasil Belajar
· Pilihan ganda.
· Isian singkat.
· Esai atau uraian.

Mengetahui                                                     Tirto,   Juli 2016
Kepala Madrasah                                            Guru Kelas



Abdul Aziz, S.Sg                                            Tri Wahyuni Hidayati,S.Pd.I

Tidak ada komentar:

Posting Komentar