RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP) 2013
Satuan Pendidikan : MI Negeri Tirto Salam
Kelas / Semester : 1 /1
Tema : Diriku
(Tema 1)
Sub Tema : Tubuhku
(Sub
Tema )
Pembelajaran ke :
5
Alokasi waktu : 1 Hari
A. KOMPETENSI INTI
1.
Menerima dan
menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.
Memiliki perilaku
jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam
berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.
Memahami pengetahuan
faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya
berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
4.
Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam
karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam
tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI DASAR
PPKn
4.2.
Melaksanakan tata tertib di rumah dan sekolah
PJOK
4.2. Mempraktikkan pola gerak dasar non-lokomotor yang dilandasi konsep
gerak dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau permainan tradisional
SBdP
4.7.
Menyanyikan lagu anak-anak dan berlatih memahami isi lagu
4.2. Membuat karya seni rupa dengan memanfaatkan berbagai teknik cetak
sederhana menggunakan bahan alam
3.1. Mengenal
cara dan hasil gambar ekspresi
4.1.
Menggambar ekspresi dengan mengolah garis, warna, dan bentuk berdasarkan hasil
pengamatan di lingkungan sekitar
4.14. Membuat karya
kreatif dengan mengolah bahan alam melalui kegiatan melipat, menggunting dan
menempel bentuk pola dan alur sederhana
C. INDIKATOR
PPKn
Menunjukkan
perilaku tertib dan teratur selama kegiatan
PJOK
Mempraktikkan
gerakan non lokomotor sesuai permainan sederhana
SBdP
Menyanyikan
lagu anak sesuai irama lagu
Melakukan
gerakan sesuai isi lagu
Mencetak
kedua telapak tangan dengan bahan adonan tepung sagu
Menjiplak
telapak tangan dengan pensil atau krayon
Membuat karya
dengan teknik mewarna, menggunting, dan menempel pola gambar
D. TUJUAN
Bernyanyi sambil Bermain (Syair Lagu: Kalau
Kau Senang Hati)
Tujuan pembelajaran:
1. Setelah kegiatan bernyanyi sambil
bertepuk, siswa dapat menyanyikan lagu “Kalau Kau Suka Hati” sambil bergerak
dengan benar.
2. Setelah mendengarkan penjelasan
guru siswa dapat menunjukkan perilaku tertib dan teratur selama kegiatan.
Menjiplak Telapak Tangan
Tujuan pembelajaran:
1. Setelah kegiatan
menjiplak, siswa dapat mewarnai gambar dengan menggunakan 4 warna
2. Setelah
kegiatan menjiplak, siswa dapat menggunting dan menempel dengan rapi.
E. MATERI
Bernyanyi
sambil Bermain (Syair Lagu: Kalau Kau Senang Hati)
Menjiplak Telapak Tangan
F.
PENDEKATAN & METODE
Pendekatan : Scientific
Strategi : Cooperative Learning
Teknik : Example Non Example
Metode : Penugasan,
Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah
G. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Kegiatan
Pendahuluan
|
1. Mengajak
semua siswa berdo’a.
2. Guru
memberikan salam.
3. Melakukan komunikasi tentang
kehadiran siswa.
4. Mengajak berdinamika dengan tepuk kompak/dinamika
dan lagu yang relevan.
5. Guru
menyiapkan fisik dan psikhis anak dalam mengawali kegiatan pembelajaran
serta menyapa anak.
6. Menyampaikan
tujuan pembelajaran hari ini.
|
10
menit
|
Kegiatan
Inti
|
Bernyanyi sambil Bermain (Syair Lagu: Kalau Kau Senang
Hati)
1. Guru mengajak siswa keluar kelas.
2. Siswa diminta untuk membuat 2 kelompok lingkaran
besar.
3. Siswa diminta menyanyikan lagu “Kalau Kau Senang Hati”
bersama-sama sambil melatih gerak bertepuk mengikuti irama lagu.
4. Kata-kata ‘tepuk tangan lalu diganti dengan petik
jari, tepuk paha, hentak kaki, bilang hore, dan lakukan semua.
5. Pada saat kata-kata “lakukan semua” siswa melakukan
tepuk tangan, petik jari, tepuk paha, hentak kaki, dan hore secara berurutan.
6. Masing-masing kelompok diminta untuk menyanyi secara
bergantian.
7. Kegiatan ditutup dengan guru meminta siswa mencari
teman untuk bermain tepuk tangan bersilang secara berpasangan.
Gerakannya adalah sebagai berikut.
a. Masing-masing bertepuk, lalu bertepuk ke kedua tangan
teman.
b. Telapak tangan kanan bertepuk dengan telapak tangan
kanan teman.
c. Telapak tangan kiri bertepuk dengan telapak tangan
kiri teman.
d. Masing-masing bertepuk, lalu menepuk kedua bahu,
lutut, dan memegang ujung jari kaki.
8. Siswa mendengar penjelasan guru tentang kegiatan
menjiplak telapak tangan.
9. Guru meletakkan 4 macam warna adonan bersamaan dengan
1 tempat air untuk membasahi tangan dan handuk kecil / lap untuk mengelap
tangan.
10. Siswa dibagi menjadi 4 kelompok. Setiap kelompok
mendapatkan 1 karton manila warna putih yang diletakkan pada tempat yang
berbeda.
11. Setiap siswa dari kelompok diminta meletakkan telapak
tangannya (dibasahi terlebih dahulu) sambil ditekan di atas adonan dengan
warna yang berbeda dan mencetaknya di karton sehingga terdapat 4 warna
cetakan telapak tangan siswa.
12. Setelah mencetak siswa mencuci tangannya dan
mengelap.
13. Guru memberi nama pada tiap cetakan telapak tangan
dan biarkan mongering (dapat dipajang di kelas).
Langkah-langkah kegiatan:
1. Guru menyampaikan bahwa siswa akan menjiplak telapak
tangannya.
2. Guru memberi contoh cara menjiplak di papan tulis.
3. Siswa diminta menjiplak telapak tanganya.
4. Guru menjelaskan untuk mendapatkan hasil yang baik pada
saat menjiplak telapak tangan ditekan yang kuat dan tidak bergerak.
5. Guru memberi contoh cara memegang gunting dan menggunting
dengan benar.
6. Siswa diminta mewarnai, menggunting, dan menempel di
karton yang telah disediakan guru
7. Sebagai penutup guru mengajak siswa mengulang lagu “Kepala
Pundak”.
|
150
menit
|
|
||
Kegiatan
Penutup
|
1.
Siswa
melakukan perenungan tentang kegiatan pembelajaran hari ini.
2.
Siswa
menuliskan hal-hal yang telah mereka pelajari, kesulitan yang mereka alami,
serta hal lain apa yang ingin mereka pelajari lebih lanjut.
3.
Guru mengajak
siswa untuk mendiskusikan perenungan dengan mengajak siswa membacakan jawaban
mereka.
4.
Siswa diberikan kesempatan berbicara/bertanya dan
menambahkan informasi dari siswa lainnya.
5.
Guru menyampaikan pesan moral hari ini dengan
bijak.
Salam dan
do’a penutup.
|
15
menit
|
H. SUMBER DAN MEDIA
·
Diri anak,
Lingkungan keluarga, dan Lingkungan sekolah.
·
Buku Pedoman Guru
Tema 1 Kelas 1 dan Buku Siswa Tema 1 Kelas 1 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum
2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan, 2013).
·
Buku Pengembangan
Diri Anak.
Teks
lagu “Kalau Kau Senang Hati”, Adonan tepung sagu dengan empat warna
- Prosedur
Penilaian
a. Penilain Proses
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak
dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir.
b. Penilaian Hasil
Belajar
Menggunakan instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tulis dan lisan
(terlampir).
- Instrumen
Penilaian
a. Penilaian Proses
1)
Penilaian Kinerja.
2)
Penilaian Produk.
b. Penilaian Hasil
Belajar
· Pilihan ganda.
· Isian singkat.
· Esai atau uraian.
Mengetahui Tirto, Juli 2016
Kepala
Madrasah Guru
Kelas
Abdul
Aziz, S.Sg Tri
Wahyuni Hidayati,S.Pd.I
Tidak ada komentar:
Posting Komentar