Sabtu, 30 Juli 2016

RPP Kelas 1 Tema 1 ST 2 PB 3

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP) 2013

Satuan Pendidikan      :  MI Negeri Tirto Salam
Kelas / Semester          :  1 /1
                     Tema                       :  Diriku (Tema 1)
Sub Tema                :  Tubuhku (Sub Tema )
Pembelajaran ke       :  3
Alokasi waktu          :  1 Hari

A.    KOMPETENSI INTI
1.      Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.      Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.     KOMPETENSI DASAR
PPKn
     4.2. Melaksanakan tata tertib di rumah dan sekolah

Matematika
      3.1. Mengenal bilangan asli sampai 99 dengan menggunakan benda-benda yang ada di sekitar   rumah, sekolah, atau tempat bermain

Bahasa Indonesia
3.1. Mengenal teks deskriptif tentang anggota tubuh dan panca indra, wujud dan sifat benda, serta peristiwa siang dan malam dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman
      4.1. Mengamati dan menirukan teks deskriptif tentang anggota tubuh dan pancaindra, wujud dan sifat benda, serta peristiwa siang dan malam secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian

C.    INDIKATOR
PPKn
     Mengikuti aturan dalam melakukan Kegiatan

Matematika
     Menyebutkan berapa banyak benda
     Menunjukkan banyak benda sesuai lambang bilangan yang ditentukan (1-5)
     Menuliskan lambang bilangan yang sesuai dengan banyak benda

Bahasa Indonesia
     Menirkan teks deskriptif sederhana tentang anggota tubuh
     Membaca teks deskriptif sederhana tentang anggota tubuh
D.    TUJUAN
Mengenal Bilangan 15
Tujuan pembelajaran:
1. Setelah mendengarkan penjelasan guru, siswa mampu menunjukkan banyak benda sesuai
dengan lambang bilangan (1—5) dengan tepat.
2. Setelah mendengarkan penjelasan guru, siswa dapat menuliskan lambang bilangan sesuai
dengan banyak benda.

      Membaca Teks Deskriptif tentang Anggota Tubuh
      Tujuan pembelajaran:
      1. Setelah mendengarkan contoh guru, siswa dapat menirukan membaca nyaring teks
      deskriptif.
      2. Setelah mendengarkan bacaan guru, siswa dapat membaca nyaring teks deskriptif.

E.     MATERI
Mengenal Bilangan 1—5
Membaca Teks Deskriptif tentang Anggota Tubuh

F.     PENDEKATAN & METODE
       Pendekatan          : Scientific
Strategi                 : Cooperative Learning
Teknik                  : Example Non Example
Metode                 : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah

G.    KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Kegiatan
Pendahuluan
1.      Mengajak semua siswa berdo’a.
2.      Guru memberikan salam.
3.      Melakukan komunikasi  tentang kehadiran siswa.
4.      Mengajak berdinamika dengan tepuk kompak/dinamika dan lagu yang relevan.
5.      Guru menyiapkan fisik dan psikhis anak dalam mengawali kegiatan pembelajaran serta menyapa anak.
6.      Menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini.
    10
    menit
Kegiatan
Inti
Mengenal Bilangan 15
1. Siswa diajak menyanyikan lagu “Nama-Nama Jari”.
2. Guru menjelaskan konsep bilangan 1—5 dengan menggunakan jari tangan dan anggota tubuh lainnya.
3. Siswa secara bergantian menunjukkan jari tangan sesuai bilangan yang ditentukan (1—5) di bawah bimbingan guru.
4. Siswa diminta mencari benda-benda di kelas atau di luar kelas sejumlah bilangan tertentu yang sedang dipelajari.
5. Siswa diminta menunjukkan benda-benda yang mereka kumpulkan dan menjelaskan banyak benda-benda tersebut.
6. Di akhir kegiatan, guru meminta siswa kembali menyanyikan lagu “Nama-Nama Jari”.
7. Siswa mengerjakan latihan di buku siswa hal. 39


Nama-Nama Jari

Ibu jari pertama
Telunjuk yang kedua
Ketiga jari tengah
Keempat jari manis
Kelima itu kelingking
Tra la la la la la la la la 4x

Membaca Teks Deskriptif tentang Anggota Tubuh
1. Guru menyiapkan teks deskriptif sederhana tentang anggota tubuh.
Contoh teks: (disajikan di buku siswa)

ini i-n-i i-ni
mata m-a-t-a ma-ta
kaki k-a-k-i ka-ki
saya s-a-y-a sa-ya
dua d-u-a du-a

2. Siswa menirukan guru membaca nyaring teks deskriptif tersebut
3. Siswa secara bergantian membaca teks sederhana di bawah bimbingan guru.
4. Guru mengajukan pertanyaan untuk mengetahui pemahaman siswa terhadap isi bacaan
5. Guru menutup pelajaran dengan meminta kembali siswa membaca teks tersebut bersama-sama
    150
    menit

Kegiatan
Penutup
Siswa melakukan perenungan tentang kegiatan pembelajaran hari ini. Siswa menuliskan hal-hal yang telah mereka pelajari, kesulitan yang mereka alami, serta hal lain apa yang ingin mereka pelajari lebih lanjut. Guru mengajak siswa untuk mendiskusikan perenungan dengan mengajak siswa membacakan jawaban mereka. Siswa  diberikan kesempatan berbicara/bertanya dan menambahkan informasi dari siswa lainnya. Guru menyampaikan pesan moral hari ini dengan bijak.
Salam dan doa penutup.
    15
    menit

H.    SUMBER DAN  MEDIA
·         Diri anak, Lingkungan keluarga, dan Lingkungan sekolah.
·         Buku Pedoman Guru Tema 1 Kelas 1 dan Buku Siswa Tema 1 Kelas 1 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
·         Buku Pengembangan Diri Anak.
·         Jari tangan dan anggota tubuh guru dan siswa.
I.       PENILAIAN
  1. Prosedur Penilaian
a.      Penilain Proses
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir.
b.      Penilaian Hasil Belajar
Menggunakan instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tulis dan lisan (terlampir).
  1. Instrumen Penilaian
a.      Penilaian Proses
1)   Penilaian Kinerja.
2)   Penilaian Produk.
b.      Penilaian Hasil Belajar
·       Pilihan ganda.
·       Isian singkat.
·       Esai atau uraian.

Mengetahui                                                     Tirto,   Juli 2016
Kepala Madrasah                                            Guru Kelas



Abdul Aziz, S.Sg                                            Tri Wahyuni Hidayati,S.Pd.I

Tidak ada komentar:

Posting Komentar