RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP) 2013
Satuan Pendidikan : MI Negeri Tirto
Kelas / Semester : 1 /1
Tema : Diriku
(Tema 1)
Sub Tema : Tubuhku
(Sub
Tema 2 )
Pembelajaran ke : 2
Alokasi waktu : 1 Hari
A. KOMPETENSI INTI
1.
Menerima dan
menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.
Memiliki perilaku
jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam
berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.
Memahami pengetahuan
faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya
berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
4.
Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam
karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam
tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI DASAR
PPKn
4.2.
Melaksanakan tata tertib di rumah dan sekolah
Bahasa Indonesia
3.1. Mengenal teks deskriptif tentang anggota tubuh dan panca indra, wujud
dan sifat benda, serta peristiwa siang dan malam dengan bantuan guru atau teman
dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa
daerah untuk membantu pemahaman
4.1. Mengamati dan menirukan teks deskriptif tentang anggota tubuh dan
pancaindra, wujud dan sifat benda, serta peristiwa siang dan malam secara
mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata
bahasa daerah untuk membantu penyajian
SBdP
3.1. Mengenal
cara dari hasil gambar ekspresi
4.1.
Menggambar ekspresi dengan mengolah garis, warna, dan bentuk berdasarkan hasil
pengamatan
di lingkungan sekitar
4.13. Membuat
karya kreatif dengan menggunakan bahan alam di lingkungan sekitar melalui
kegiatan
melipat, menggunting, dan menempel
C. INDIKATOR
PPKn
Mengikuti
aturan dalam kegiatan di Sekolah
Bahasa Indonesia
Membaca
nama-nama anggota tubuh yang dipelajari
Melengkapi
gambar anggota tubuh
Menyebutkan
nama- nama anggota tubuh
SBdP
Menebalkan
garis pada gambar
Mewarnai
gambar
Menyusun
potongan-potongan gambar anggota tubuh
D. TUJUAN
Membaca
Nama-Nama Anggota Tubuh
Tujuan pembelajaran:
1. Dengan
memperhatikan contoh bacaan guru, siswa dapat membaca nama-nama anggota tubuh dengan tepat.
2. Dengan
bermain, siswa dapat memasangkan nama-nama anggota tubuh secara tepat.
Menyusun Potongan-Potongan Gambar Anggota Tubuh/Puzzle
Tujuan pembelajaran:
Dengan bekerja kelompok, siswa dapat
menyusun potongan-potongan gambar anggota tubuh dengan tepat.
E.
MATERI
Membaca
Nama-Nama Anggota Tubuh
Menyusun Potongan-Potongan Gambar Anggota Tubuh/Puzzle
F.
PENDEKATAN & METODE
Pendekatan : Scientific
Strategi : Cooperative Learning
Teknik : Example Non Example
Metode : Penugasan,
Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah
G. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Kegiatan
Pendahuluan
|
1. Mengajak
semua siswa berdo’a
2. Guru Memberi salam
3. Melakukan komunikasi tentang
kehadiran siswa.
4. Mengajak berdinamika dengan tepuk kompak/dinamika
dan lagu yang relevan.
5. Guru
menyiapkan fisik dan psikhis anak dalam mengawali kegiatan pembelajaran
serta menyapa anak.
6. Menyampaikan
tujuan pembelajaran hari ini.
|
10
menit
|
Kegiatan
Inti
|
Membaca Nama-Nama Anggota Tubuh
1. Guru menyiapkan kartu-kartu kata yang bertuliskan nama-nama
anggota tubuh.
2. Guru menunjukkan gambar anggota tubuh yang sudah
dilengkapi dengan nama-namanya di halaman buku siswa.
3. Siswa membaca nama-nama anggota tubuh yang ada pada
gambar di bawah bimbingan guru.
4. Guru memastikan siswa mampu mengikuti cara membaca nama-nama
anggota tubuh yang dipaparkan.
5. Siswa diminta membaca nama-nama anggota tubuh tersebut
secara
bergantian.
6. Sebagai puncaknya siswa melakukan permainan
memasangkan kartu nama-nama anggota tubuh dengan gambar yang sudah disiapkan
secara berkelompok
7. Siswa menempelkan hasil pekerjaan kelompoknya di
kertas karton.
8. Siswa mengerjakan latihan di buku siswa.
9. Jika masih ada waktu, maka kegiatan selanjutnya
melengkapi gambar yang ada pada buku siswa hal.37.
Menyusun Potongan-Potongan Gambar Anggota Tubuh/Puzzle
1. Guru menunjukkan potongan gambar anggota tubuh yang
ada di buku siswa (di buku siswa ada gambar bagian-bagian tubuh yang letaknya
Tidak beraturan.
2. Siswa merangkai potongan gambar (puzzle) di bawah
bimbingan guru.
3. Guru menyiapkan potongan-potongan gambar anggota tubuh
beberapa set.
4. Siswa diminta membentuk kelompok terdiri dari maksimum
5 kelompok.
5. Masing-masing kelompok diberikan satu set potongan
gambar anggota tubuh.
6. Setiap kelompok berkompetisi menyusun potongan-potongan
gambar tersebut menjadi gambar tubuh manusia secara utuh.
7. Kelompok yang paling cepat menyelesaikan tugasnya akan
mendapatkan apresiasi dari guru dan lainnya.
8. Siswa mengerjakan latihan di buku siswa.
9. Guru dan siswa melakukan refleksi kegiatan yang sudah
dilakukan dengan menanyakan bagaimana.
10. Setelah itu siswa diminta mengerjakan latihan
menebalkan huruf di buku siswa.
|
150
menit
|
|
||
Kegiatan
Penutup
|
Siswa melakukan perenungan tentang kegiatan pembelajaran
hari ini. Siswa menuliskan hal-hal yang telah mereka pelajari, kesulitan yang
mereka alami, serta hal lain apa yang ingin mereka pelajari lebih lanjut.
Guru mengajak siswa untuk mendiskusikan perenungan dengan mengajak siswa
membacakan jawaban mereka. Siswa
diberikan kesempatan berbicara/bertanya dan menambahkan informasi dari
siswa lainnya. Guru menyampaikan pesan moral hari ini dengan bijak.
Salam dan
do’a penutup.
|
15
menit
|
H. SUMBER DAN MEDIA
·
Diri anak,
Lingkungan keluarga, dan Lingkungan sekolah.
·
Buku Pedoman Guru
Tema 1 Kelas 1 dan Buku Siswa Tema 1 Kelas 1 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum
2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan, 2013).
·
Buku Pengembangan
Diri Anak.
Gambar
anggota tubuh yang sudah dilengkapi dengan nama-namanya
Gambar
anggota tubuh yang belum dilengkapi dengan nama-namanya
Kartu nama-nama anggota tubuh
(lima set)
- Prosedur
Penilaian
a. Penilain Proses
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak
dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir.
b. Penilaian Hasil
Belajar
Menggunakan instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tulis dan lisan
(terlampir).
- Instrumen
Penilaian
a. Penilaian Proses
1)
Penilaian Kinerja.
2)
Penilaian Produk.
b. Penilaian Hasil
Belajar
·
Pilihan ganda.
·
Isian singkat.
· Esai atau uraian.
Mengetahui Tirto, Juli 2016
Kepala Madrasah Guru
Kelas
Abdul Aziz, S.Sg Tri
Wahyuni Hidayati,S.Pd.I
Tidak ada komentar:
Posting Komentar