Sabtu, 30 Juli 2016

RPP Kelas 1 Tema 1 ST 2 PB 2

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP) 2013

Satuan Pendidikan      :  MI Negeri Tirto
Kelas / Semester          :  1 /1
                     Tema                       :  Diriku (Tema 1)
Sub Tema                :  Tubuhku (Sub Tema 2 )
Pembelajaran ke       :  2
Alokasi waktu          :  1 Hari

A.    KOMPETENSI INTI
1.      Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.      Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.     KOMPETENSI DASAR

PPKn
     4.2. Melaksanakan tata tertib di rumah dan sekolah

Bahasa Indonesia
3.1. Mengenal teks deskriptif tentang anggota tubuh dan panca indra, wujud dan sifat benda, serta peristiwa siang dan malam dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman
4.1. Mengamati dan menirukan teks deskriptif tentang anggota tubuh dan pancaindra, wujud dan sifat benda, serta peristiwa siang dan malam secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian

SBdP
     3.1. Mengenal cara dari hasil gambar ekspresi
     4.1. Menggambar ekspresi dengan mengolah garis, warna, dan bentuk berdasarkan hasil
      pengamatan di lingkungan sekitar
     4.13. Membuat karya kreatif dengan menggunakan bahan alam di lingkungan sekitar melalui
     kegiatan melipat, menggunting, dan menempel

C.    INDIKATOR

PPKn
     Mengikuti aturan dalam kegiatan di Sekolah

Bahasa Indonesia
     Membaca nama-nama anggota tubuh yang dipelajari
     Melengkapi gambar anggota tubuh
     Menyebutkan nama- nama anggota tubuh

SBdP
     Menebalkan garis pada gambar
     Mewarnai gambar
     Menyusun potongan-potongan gambar anggota tubuh

D.    TUJUAN
      Membaca Nama-Nama Anggota Tubuh
      Tujuan pembelajaran:
       1. Dengan memperhatikan contoh bacaan guru, siswa dapat membaca nama-nama anggota    tubuh dengan tepat.
      2. Dengan bermain, siswa dapat memasangkan nama-nama anggota tubuh secara tepat.

      Menyusun Potongan-Potongan Gambar Anggota Tubuh/Puzzle
      Tujuan pembelajaran:
 Dengan bekerja kelompok, siswa dapat menyusun potongan-potongan gambar anggota tubuh  dengan tepat.

E.     MATERI
Membaca Nama-Nama Anggota Tubuh
Menyusun Potongan-Potongan Gambar Anggota Tubuh/Puzzle

F.     PENDEKATAN & METODE
      Pendekatan           : Scientific
Strategi                 : Cooperative Learning
Teknik                  : Example Non Example
Metode                 : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah

G.    KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Kegiatan
Pendahuluan
1.      Mengajak semua siswa berdo’a
2.      Guru Memberi salam
3.      Melakukan komunikasi  tentang kehadiran siswa.
4.      Mengajak berdinamika dengan tepuk kompak/dinamika dan lagu yang relevan.
5.      Guru menyiapkan fisik dan psikhis anak dalam mengawali kegiatan pembelajaran serta menyapa anak.
6.      Menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini.
    10
    menit
Kegiatan
Inti
Membaca Nama-Nama Anggota Tubuh
1. Guru menyiapkan kartu-kartu kata yang bertuliskan nama-nama anggota tubuh.
2. Guru menunjukkan gambar anggota tubuh yang sudah dilengkapi dengan nama-namanya di halaman buku siswa.
3. Siswa membaca nama-nama anggota tubuh yang ada pada gambar di bawah bimbingan guru.
4. Guru memastikan siswa mampu mengikuti cara membaca nama-nama anggota tubuh yang dipaparkan.
5. Siswa diminta membaca nama-nama anggota tubuh tersebut secara
bergantian.
6. Sebagai puncaknya siswa melakukan permainan memasangkan kartu nama-nama anggota tubuh dengan gambar yang sudah disiapkan secara berkelompok
7. Siswa menempelkan hasil pekerjaan kelompoknya di kertas karton.
8. Siswa mengerjakan latihan di buku siswa.
9. Jika masih ada waktu, maka kegiatan selanjutnya melengkapi gambar yang ada pada buku siswa hal.37.

Menyusun Potongan-Potongan Gambar Anggota Tubuh/Puzzle
1. Guru menunjukkan potongan gambar anggota tubuh yang ada di buku siswa (di buku siswa ada gambar bagian-bagian tubuh yang letaknya
Tidak beraturan.
2. Siswa merangkai potongan gambar (puzzle) di bawah bimbingan guru.
3. Guru menyiapkan potongan-potongan gambar anggota tubuh beberapa set.
4. Siswa diminta membentuk kelompok terdiri dari maksimum 5 kelompok.
5. Masing-masing kelompok diberikan satu set potongan gambar anggota tubuh.
6. Setiap kelompok berkompetisi menyusun potongan-potongan gambar tersebut menjadi gambar tubuh manusia secara utuh.
7. Kelompok yang paling cepat menyelesaikan tugasnya akan mendapatkan apresiasi dari guru dan lainnya.
8. Siswa mengerjakan latihan di buku siswa.
9. Guru dan siswa melakukan refleksi kegiatan yang sudah dilakukan dengan menanyakan bagaimana.
10. Setelah itu siswa diminta mengerjakan latihan menebalkan huruf di buku siswa.
    150
    menit

Kegiatan
Penutup
Siswa melakukan perenungan tentang kegiatan pembelajaran hari ini. Siswa menuliskan hal-hal yang telah mereka pelajari, kesulitan yang mereka alami, serta hal lain apa yang ingin mereka pelajari lebih lanjut. Guru mengajak siswa untuk mendiskusikan perenungan dengan mengajak siswa membacakan jawaban mereka. Siswa  diberikan kesempatan berbicara/bertanya dan menambahkan informasi dari siswa lainnya. Guru menyampaikan pesan moral hari ini dengan bijak.
Salam dan doa penutup.
    15
    menit

H.    SUMBER DAN  MEDIA
·         Diri anak, Lingkungan keluarga, dan Lingkungan sekolah.
·         Buku Pedoman Guru Tema 1 Kelas 1 dan Buku Siswa Tema 1 Kelas 1 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
·         Buku Pengembangan Diri Anak.
                 Gambar anggota tubuh yang sudah dilengkapi dengan nama-namanya
                 Gambar anggota tubuh yang belum dilengkapi dengan nama-namanya
                 Kartu nama-nama anggota tubuh (lima set)
I.       PENILAIAN
  1. Prosedur Penilaian
a.      Penilain Proses
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir.
b.      Penilaian Hasil Belajar
Menggunakan instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tulis dan lisan (terlampir).
  1. Instrumen Penilaian
a.      Penilaian Proses
1)   Penilaian Kinerja.
2)   Penilaian Produk.
b.      Penilaian Hasil Belajar
·       Pilihan ganda.
·       Isian singkat.
·       Esai atau uraian.


Mengetahui                                                     Tirto,   Juli 2016
Kepala Madrasah                                            Guru Kelas



Abdul Aziz, S.Sg                                            Tri Wahyuni Hidayati,S.Pd.I

Tidak ada komentar:

Posting Komentar