Sabtu, 30 Juli 2016

RPP Kelas 1 Tema 1 ST 2 PB 4

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP) 2013

Satuan Pendidikan       :  MI Negeri Tirto Salam
Kelas / Semester          :  1 /1
                        Tema                           :  Diriku (Tema 1)
Sub Tema                    :  Tubuhku (Sub Tema )
Pembelajaran ke          :  4
Alokasi waktu             :  1 Hari

A.    KOMPETENSI INTI
1.      Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.      Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.     KOMPETENSI DASAR
PPKn
     4.2. Melaksanakan tata tertib di rumah dan sekolah

Bahasa Indonesia
3.1. Mengenal teks deskriptif tentang anggota tubuh dan panca indra, wujud dan sifat benda, serta peristiwa siang dan malam dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman
       4.1. Mengamati dan menirukan teks deskriptif tentang anggota tubuh dan pancaindra, wujud dan sifat benda, serta peristiwa siang dan malam secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian

C.    INDIKATOR
PPKn
     Mengikuti aturan dalam kegiatan di Sekolah

Bahasa Indonesia
     Menirukan membaca teks deskriptif sederhana
     Menjelaskan fungsi alat indra
     Menyusun huruf menjadi nama-nama anggota tubuh
     Menulis nama-nama anggota tubuh dengan cara menebalkan

D.    TUJUAN
Mengenal Fungsi Bagian Tubuh
Tujuan pembelajaran:
1. Setelah bertanya jawab, siswa dapat menjelaskan fungsi
bagian tubuh.
2. Setelah mendengarkan contoh guru, siswa dapat menirukan membaca teks deskriptif dengan nyaring.
    
      Menyusun Huruf dan Menulis Kata
      Tujuan pembelajaran:
 1. Dengan menggunakan kartu huruf siswa dapat menyusun nama-nama anggota tubuh  dengan benar.
       2. Setelah berlatih menulis di udara, di punggung, dan di pasir, siswa dapat menulis dengan  menebalkan nama-nama anggota tubuh secara benar.

E.     MATERI
Mengenal Fungsi Bagian Tubuh
Menyusun Huruf dan Menulis Kata

F.     PENDEKATAN & METODE
       Pendekatan          : Scientific
Strategi                 : Cooperative Learning
Teknik                  : Example Non Example
Metode                 : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah

G.    KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Kegiatan
Pendahuluan
1.      Mengajak semua siswa
2.      Guru memberikan salam.
3.      Melakukan komunikasi  tentang kehadiran siswa.
4.      Mengajak berdinamika dengan tepuk kompak/dinamika dan lagu yang relevan.
5.      Guru menyiapkan fisik dan psikhis anak dalam mengawali kegiatan pembelajaran serta menyapa anak.
6.      Menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini.
    10
    menit
Kegiatan
Inti
Mengenal Fungsi Bagian Tubuh
1. Guru menyiapkan gambar-gambar siswa dalam beberapa kegiatan.
2. Siswa diminta mengamati gambar tersebut
3. Guru mengajukan beberapa pertanyaan berkaitan dengan
    kegunaan bagian tubuh sesuai gambar.

Contoh:
Apa yang kalian lihat pada gambar? Kegiatan apa yang dilakukan oleh orang-orang yang kamu lihat pada gambar? Bagian tubuh apa yang digunakan pada kegiatan tersebut?, dan lain-lain
4. Kemudian, guru membaca teks sederhana tentang alat indra dan fungsinya.
5. Siswa secara bergantian menirukan membaca teks sesuai contoh.
6. Setelah itu siswa berlatih menebalkan huruf yang ada pada buku siswa.

Menyusun Huruf dan Menulis Kata
1. Siswa melakukan permainan menyusun huruf menjadi nama-nama bagian tubuh yang terdiri dari 4 huruf dengan bimbingan guru.
2. Siswa dibagi menjadi 4 kelompok.
3. Guru membagikan kartu-kartu huruf kepada masing-masing kelompok.
4. Siswa menempelkan hasil kerjanya di kertas/karton.
5. Masing-masing kelompok diminta membacakan kata-kata yang sudah dibentuknya.
6. Agar permainan lebih seru, guru menjadikannya sebuah kompetisi antarkelompok.
7. Selanjutnya, siswa berlatih menulis dengan cara menebalkan huruf seperti yang ada di buku siswa, sebelumnya siswa diminta untuk berlatih menulis di udara/punggung teman/di atas pasir.
8. Lalu siswa mengulang membaca nyaring.
    150
    menit

Kegiatan
Penutup
Siswa melakukan perenungan tentang kegiatan pembelajaran hari ini. Siswa menuliskan hal-hal yang telah mereka pelajari, kesulitan yang mereka alami, serta hal lain apa yang ingin mereka pelajari lebih lanjut. Guru mengajak siswa untuk mendiskusikan perenungan dengan mengajak siswa membacakan jawaban mereka. Siswa  diberikan kesempatan berbicara/bertanya dan menambahkan informasi dari siswa lainnya. Guru menyampaikan pesan moral hari ini dengan bijak.
Salam dan doa penutup.
    15
    menit

H.    SUMBER DAN  MEDIA
·         Diri anak, Lingkungan keluarga, dan Lingkungan sekolah.
·         Buku Pedoman Guru Tema 1 Kelas 1 dan Buku Siswa Tema 1 Kelas 1 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
·         Buku Pengembangan Diri Anak.
Gambar kegiatan yang menggunakan mata, telinga, hidung, dan lidah, Teks deskriptif sederhana tentang alat indera (lihat teks di buku siswa), Kartu—kartu huruf (disiapkan oleh guru)

I.       PENILAIAN
  1. Prosedur Penilaian
a.      Penilain Proses
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir.
b.      Penilaian Hasil Belajar
Menggunakan instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tulis dan lisan (terlampir).
  1. Instrumen Penilaian
a.      Penilaian Proses
1)   Penilaian Kinerja.
2)   Penilaian Produk.
b.      Penilaian Hasil Belajar
·       Pilihan ganda.
·       Isian singkat.
·       Esai atau uraian.
Mengetahui                                                     Tirto,   Juli 2016
Kepala Madrasah                                            Guru Kelas



Abdul Aziz, S.Sg                                            Tri Wahyuni Hidayati,S.Pd.I

Tidak ada komentar:

Posting Komentar