Kamis, 21 Juli 2016

RPP Kelas 1 Tema 1 ST 1 PB 4

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP) 2013

Satuan Pendidikan      :  MI Negeri Tirto Salam
Kelas / Semester          :  1 /1
Tema                           :  Diriku (Tema 1)
Sub Tema                    : Aku dan Teman Baru (Sub Tema 1)
Pembelajaran ke          :  4
Alokasi waktu             :  1 Hari

A.    KOMPETENSI INTI
1.      Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.      Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.     KOMPETENSI DASAR

Matematika
3.1 Mengenal bilangan asli sampai 99 dengan menggunakan benda-benda yang ada di  sekitar rumah, sekolah, atau tempat bermain

SBdP
     4.7. Menyanyikan lagu anak-anak dan berlatih memahami isi lagu

Bahasa Indonesia
3.1 Mengenal teks deskriptif tentang anggota tubuh dan pancaindra, wujud dan sifat benda,  serta peristiwa siang dan malam dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman
       3.4. Mengenal teks cerita diri/personal tentang keberadaan keluarga dengan bantuan guru
      atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman
 4.1 Mengamati dan menirukan teks deskriptif tentang anggota tubuh dan pancaindra, wujud dan sifat benda, serta peristiwa siang dan malam secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian
 4.4. Menyampaikan teks cerita diri/personal tentang keluarga secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajia
4.1 Mempraktikkan pola gerak dasar lokomotor yang dilandasi konsep gerak (seperti konsep: tubuh, ruang, hubungan, dan usaha) dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan/atau Tradisional



C.    INDIKATOR

Matematika
     Menentukan jumlah huruf vokal dalam Kalimat

SBdP
     Menyanyikan lagu “a-b-c” dengan irama yang benar

Bahasa Indonesia
     Menyebutkan urutan huruf melalui nyanyian “a-b-c”
     Mengurutkan huruf a-b-c-d-e-f dengan urutan yang benar
     Menulis di udara, pasir, dan punggung
     Mengenal huruf vokal a-i-u-e-o
Menebalkan garis sesuai petunjuk

PJOK
     Melakukan gerak lokomotor menggunakan kaki dalam berjalan lurus
     Melakukan gerak lokomotor menggunakan kaki dalam berjalan zigzag
     Melakukan gerak lokomotor menggunakan kaki dalam berjalan lengkung

D.    TUJUAN
Bernyanyi Bersama Teman sambil Mengenal Huruf
Tujuan pembelajaran:
1. Dengan bernyanyi dan bermain, siswa dapat menyusun huruf a-f dengan urutan yang benar.
2. Dengan melihat contoh nama, siswa dapat menyusun nama mereka dari kartu-kartu huruf
    dengan tepat.
3. Dengan mendengarkan contoh dari guru, siswa dapat menyanyikan lagu “a-b-c” dengan  benar.

     Bergerak Bersama Teman
     Tujuan pembelajaran:
1.      Setelah melakukan gerakan pada permainan sederhana, siswa dapat berjalan membentuk garis lurus dengan benar.
2.      Setelah melakukan gerakan pada permainan sederhana, siswa dapat berjalan membentuk garis zigzag dengan benar.
3.      Setelah melakukan gerakan pada permainan sederhana, siswa dapat berjalan membentuk garis lengkung dengan benar.Dengan penjelasan dari guru, siswa dapat mempraktikkan posisi duduk yang benar pada saat menulis dengan tepat.
4.      Dengan penjelasan dari guru, siswa dapat mempraktikkan cara memegang pensil yang benar pada saat menulis dengan tepat.
5.      Setelah mempraktikkan sikap tubuh dan cara memegang pensil yang benar pada saat menulis siswa dapat menebalkan garis dengan benar.

E.     MATERI
Bernyanyi Bersama Teman sambil Mengenal Huruf
Bergerak Bersama Teman


F.     PENDEKATAN & METODE
      Pendekatan           : Scientific
Strategi                 : Cooperative Learning
Teknik                  : Example Non Example
Metode                 : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah

G.    KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Kegiatan
Pendahuluan
1.      Mengajak semua siswa berdo’a
2.      Guru memberikan salam
3.      Melakukan komunikasi  tentang kehadiran siswa.
4.      Mengajak berdinamika dengan tepuk kompak/dinamika dan lagu yang relevan.
5.      Guru menyiapkan fisik dan psikhis anak dalam mengawali kegiatan pembelajaran serta menyapa anak.
6.      Menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini.
    10
    menit
Kegiatan
Inti
Bernyanyi Bersama Teman sambil Mengenal Huruf
1.      Tempelkan huruf a-z di papan tulis.
2.      Siswa diajak untuk bernyanyi lagu “a-b-c” sambil menunjukkan huruf yang disebut.
3.      Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok.
4.      Setiap kelompok diberikan satu set kartu huruf (a-f), lalu diminta mengurutkan.
5.      Setelah mengurutkan huruf, setiap kelompok diminta menuliskan huruf-huruf tersebut di udara, sesuai arahan guru.
6.      Setelah menulis di udara dilanjutkan dengan menulis di punggung dan di pasir.
7.      Setelah siswa menulis huruf di udara, di punggung dan di pasir, mintalah mereka untuk memperhatikan huruf-huruf yang terdapat pada namanya.
8.      Secara bergiliran, siswa mengambil huruf-huruf dari tumpukan huruf yang sudah disediakan oleh guru yang terdapat pada nama mereka.
9.      Siswa diingatkan untuk belajar bersabar saat ingin menunggu giliran.
10.  Siswa mencoba menyusun nama mereka. Setelah berhasil, siswa boleh mengacungkan tangan untuk menyebutkan namanya dengan lantang setelah ditunjuk oleh guru.
11.  Kegiatan ditutup dengan mengulang kembali lagu “a-b-c” dan guru mengingatkan siswa mengenai pentingnya menghargai teman dalam kegiatan kelompok.
12.  Guru menyampaikan setelah siswa bermain di dalam kelas, sekarang akan bermain di luar kelas dan mengajak keluar kelas.
13.  Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok. Masing-masing kelompok dibagi dua, lalu berdiri berpisah berhadap-hadapan. Siswa no. 1 di sisi A diminta untuk berjalan lurus atau berlari menuju temannya di sisi B dan berbaris di belakang siswa no. 5. Lalu, siswa nomor 1 di sisi B berjalan lurus/berlari menuju titik A dan berbaris di belakang siswa no. 5. Demikian seterusnya.

5 4 3 2 1
A
1 2 3 4 5
B
14.   Kegiatan kedua, guru meminta siswa berdiri di titik yang telah dibuat guru sebelumnya membentuk garis zig-zag.
1 3 5 7 9 11
2 4 6 8 10
15.  Siswa nomor 1 diminta untuk berjalan menyusuri garis zig-zag sampai ke siswa no. 11. Lalu siswasiswa lain melangkah mundur satu garis. Selanjutnya siswa no. 2 yang berada di posisi 1 berjalan membuat garis zig-zag sampai ke posisi no. 11. Demikian seterusnya sampai kesebelas siswa melakukannya
1 3 5 7
11
1 3 5
16.  Kegiatan ketiga guru menggambar garis lengkung jika memungkinkan, dan siswa berada di titik puncak garis. Jika tidak memungkinkan guru memberi tanda di tengah-tengah masing-masing siswa. Minta siswa no. 1 berjalan menyusuri garis lengkung sampai ke siswa no. 7 dan seterusnya (dilakukan, seperti tahapan berjalan zigzag).Siswa kembali ke dalam kelas.
17.  Guru menyampaikan setelah bergerak sesuai garis lurus, zig-zag, dan lengkung, siswa akan menggambarkan garis-garis tersebut di buku siswa dengan menggunakan pensil.
18.  Guru menyampaikan sebelum menulis siswa perlu mengetahui posisi tubuh yang benar pada saat menulis dan memegang pensil yang benar. Lalu, guru mencontohkan dan meminta siswa mempraktikkannya.
19.  Guru juga menyampaikan ujung pensil tidak terlalu runcing dan tidak tumpul dengan memperlihatkan contoh pensil yang diraut baik dan kurang baik.
20.  Lalu, siswa diminta melihat gambar di buku siswa dan mengerjakan latihan menulis dengan menebalkan garis dan nama teman di buku siswa.
21.  Sebagai penutup, guru menanyakan persamaan atau perbedaan permainan berjalan lurus, zig-zag, dan lengkung dengan menulis garis lurus, zig-zag, dan lengkung.
22.  Guru mengajak siswa untuk bersyukur kepada Tuhan, karena diberi kaki untuk bergerak dan tangan untuk menulis.
    150
    menit

Kegiatan
Penutup
1.      Siswa melakukan perenungan tentang kegiatan pembelajaran hari ini.
2.      Siswa  diajak untuk menyimpulkan kegiatan yang telah dilakukan hari ini.
3.      Guru menyampaikan pesan moral hari ini dengan bijak.
4.      Salam dan doa penutup.
    15
    menit

H.    SUMBER DAN  MEDIA
·         Diri anak, Lingkungan keluarga, dan Lingkungan sekolah.
·         Buku Pedoman Guru Tema 1 Kelas 1 dan Buku Siswa Tema 1 Kelas 1 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
·         Buku Pengembangan Diri Anak.
·         Sumber Motivasi/Inspirasi Hidup: http://rokhmaninstitute.blogspot.com/
·         Video/slide/buklet/pamflet/gambar  tentang  Aku dan Teman Baru.
·         Beberapa set kartu huruf (a-z) berbentuk lingkaran

I.       PENILAIAN
  1. Prosedur Penilaian
a.      Penilain Proses
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir.
b.      Penilaian Hasil Belajar
Menggunakan instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tulis dan lisan (terlampir).
  1. Instrumen Penilaian
a.      Penilaian Proses
1)   Penilaian Kinerja.
2)   Penilaian Produk.
b.      Penilaian Hasil Belajar
·       Pilihan ganda.
·       Isian singkat.

·       Esai atau uraian.

Mengetahui                                      Tirto, 19 Juli 2016
Kepala Madrasah                              Guru Kelas


Abdul Aziz,S.Ag                             Tri Wahyuni Hidayati,S.Pd.I

Tidak ada komentar:

Posting Komentar